Senin, 20 Agustus 2012

Berpetualang dengan “Kereta” di Sabang


Selain memancing, snorkeling atau diving di Sabang ada asyiknya kalau kita juga mencoba mengeksplore lebih jauh tempat indah ini dengan kereta. Jangan membayangkan kendaraan besar  berbadan besi baja, yang dimaksud kereta di Sabang sebutan untuk sepeda bermotor. 

Untuk menjelajahi Sabang dengan kereta, kita dapat menyewa di Pelabuhan Balohan atau bisa juga di Pantai Gapang ataupun di Teupin Layeu, Iboih. Biaya sewa kereta sekitar Rp. 100.000 per hari. Kita akan diminta persyaratan administrasi dan helm untuk kenyamanan berkendara. Meskipun hampir tak pernah ada razia dan aksi kebut-kebutan, keamanan lebih baik tetap diutamakan, yang perlu diperhatikan masih banyaknya hewan liar seperti babi hutan atau kambing yang tiba-tiba menyebrang jalan. Memilih mengendarai sepeda motor matik dapat memberi kenyamanan menikmati jalanan mulus Sabang yang berkelok naik turun, tak perlu tukar gigi saat berkendara, tinggal gas!

Suaranya pun halus, motor ini dihargai masyarakat Sabang yang tidak begitu suka suara gaduh dari cerobong emisi kendaraan. Isilah kereta sewaan tersebut dengan bahan bakar yang cukup untuk ke berbagai tujuan dan kembali lagi ke tempat sewanya. Jangan sampai kehabisan bahan bakar karena di Pulau Weh hanya ada dua SPBU yang letaknya hanya di Kota Sabang. Namun demikian, di setiap kios yang ada di tepi jalan, bahan bakar eceran biasa dijual, harganya mulai Rp 5.000 hingga Rp 7.500 per liternya.
Kalau kehabisan bensin maka mintalah tolong pada penduduk setempat yang sedang lewat untuk mengantar kita membelinya di tempat terdekat. Masyarakat Sabang terkenal jujur dan penolong.

Ayo,ke Sabang Lagi!

1 komentar: