Selasa, 07 Mei 2013

Sabang Tawarkan Lahan untuk Rumah Musim Panas Warga Swedia

SABANG - Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam menawarkan sebuah perkampungan untuk masyarakat Swedia yang ingin menetap di Kota Sabang, selama musim dingin di negaranya.
"Kami akan menyiapkan lahan, jadi mereka bisa bangun rumah musim panasnya di Kota Sabang ini," kata Zulkifli H Adam kepada acehonline.info usai menyambut kedatangan Wali Kota Harapanda (sebuah kota di Swedia), Selasa (7/5) di Sabang.
Tawaran tersebut, kata Wali Kota, disambut antusias oleh deleglasi dari Kota Haparanda. "Mereka sangat berkeinginan untuk mewujudkan hal tersebut," ujarnya.

Kedatangan delegasi dari salah satu kota di Swedia tersebut, Wali Kota menjelaskan, untuk melakukan penandatangan kerjasama internasional dengan Wali Kota Harapanda-Swedia Gunnel Simu, dalam bidang pengembangan wisata dan pembangunan ekonomi Sabang-Harapanda.

"Kerjasama difasilitasi oleh Swedish International Centre for Local Democracy (ICLD) yang akan didanai Swedish International Development Cooperation Agency (SIDA), untuk pertumbuhan ekonomi Sabang dna Harapanda," ujar Wali Kota.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang Ali Taufik menjelaskan, Haparanda adalah sebuah kota yang indah di Norrbotten yang berlokasi di wilayah paling utara dari Swedia. 

Haparanda, merupakan sebuah kota perdagangan yang sangat penting di Swedia, hal ini terbukti dengan didirikannya salah satu IKEA terbesar di wilayah utara Swedia yang berhasil menarik pengunjung dari seluruh wilayah sekitarnya.

"Kunjungan Wali Kota Harapanda tersebut merupakan fase awal kerjasama kedua kota ini. Pada masa fase awal, 2 kota dengan 4 orang perwakilan diizinkan saling mengunjungi, dengan tujuan dua kota yang terikat kerjama Internasional ini. Dapat saling mengunjungi dan menghasilkan study kelayakan untuk memastikan area kerjasama ini tepat sasaran," jelasnya.

Implementasi kerjasama terebut, Ali menambahkan, akan dimulai pada tahun 2014 hingga 2015.

"Tujuan kerjasama ini fokus pada langkah-langkah konkrit membuat turis menikmati keberadaannya di sabang, dengan menciptakan berbagai kegiatan wisata dan pengembangan tempat- tempat potensial pariwisata di Sabang," ujar Ali.

"Hal ini juga selanjutnya akan didukung oleh beberapa study branding, market research, attractiveness dan kerjasama internasional jangka panjang antara Sabang dan Haparanda, tambahnya.(Andi  KBM)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar